Pendekar Negeri Tayli 75

Maka satu per satu Ji koai merogoh keluar barang-barang yang berada dalam baju Hi-tiok, yang pertama dikeluarkan adalah lukisan pemberian Bu-gai-cu, Ketika lukisan di dijereng oleh Ji-koai, serentak pandangan semua orang terpusat ke arah lukisan.

Seperti diketahui lukisan itu pernah diinjak-injak Tong-lo, kemudian kena air dan, sudah agak luntur, namun wanita dalam lukisan itu masih tetap sangat indah dan hidup memang

suatu lukisan yang sangat bagus, Maka begitu semua orang melihat lukisan itu, serentak mereka berpaling dan memandang ke arah Ong Giok-yan. Sebagian berseru ”hah!”

ada yarg bersuara “O!’ ada pula yang berkata “Cisl” dan ada juga yang menjengek ‘”Huh!”

Yang berseru “Hai” menandakan lukisan itu di luar dugaan mereka, yang bersuara “O’ menyatakan bahwa kiranya demikian, sedang yang bersuara “Cis” menyatakan rasa gusar mereka, sebaliknya yang bersuara “Huh” mengunjuk rasa mencemooh.

Toan Ki, Buyung Hks dan Ong Giok-yan juga berbareng bersuara, “Ah!” Adapun arti suara “Ah” itu masing-masingg juga tidak sama pula.

Tadinya para petualang itu mengira lukisan itu tentu menggambarkan pemandangan yarg mungkin dapat memberi petunjuk di mana dapat diketemukan obat atau rahasia pemunah Sing-si hu siapa tahu adalah sebuah potret Ong Giok-yan, keruan mereka sangat kecewa.

Maka Ji-koai lantas membuang lukisan itu ke lantai, lalu menggeledah Hi-tiok pula. Namun yang diketemukan hanya secarik tanda anggota Siau-lim-si waktu Hi-tiok dicukur menjadi hwesio lalu beberapa tahil perak dan beberapa potong penganan kering, sepasang kaus kaki, nyata semuanya itit tiada sangkut-pautnya dengan Sing-si-hu,

Dalam pada itu Giolt-yan menjadi heran dan malu pula melihat Hi-tiok menyimpan gambarnya Pikirnya, “Apa barangkali sejak orang ini melihat aku ketika memecahkan problem catur, lalu seperti halnya dengan Toan Ki lantas menyukai aku? Kalau tidak mengapa dia menggambar diriku dan tersimpan dalam sakunya?”

Sebaliknya Toan Ki juga sedang berpikir “Dasar nona Ong memang secantik bidadari, jika Siau suhu ini juga kesengsem padanya, hal ini pun. tidak mengherankan. Cuma, ai, kepandaianku melukis tidak sepandai Siau suhu itu, kalau aku juga dapat melukisnya sehelai kenang-kenangan bila kelak berpiasah, paling sedikit boleh juga dibuat, pelipur hatiku nan rindu dendam.”

Ketika Cu-gai Ji koai menggeledah Hi-tiok karena kuatir kedua Tocu iru mencaplok sendiri obat mujarab atau benda mestika yang di ketemukan di baju Hi-tiok, maka semua orang senantiasa mengawasi setiap barang yang dikeluarkan oleh Jikoat. Siapa duga hasilnya nihil, keruan Toa-koai menjadi gusar, terus saja ia memaki, “Keparat, ketika tua bangka itu akan mampus apa yang dia katakan padamu?”

“Apakah kau ingin tau apa yang dikatakan Tong-lo ketika akan wafat?” Hi-tiok menegas. “Ya, waktu itu beliau berseru,,

‘Hahaha. bukan dia! Hahaha! Bukan dia! Hahahabal’ Habis itu beliau lantas mengembuskan napas yang penghabisan.”

Para petualang menjadi bingung, mereka tidak mengerti apa artinya ucapan Tong-lo dan gelak tertawanya itu, meski mereka coba merenung dan berusaha memecahkan arti yang terkandung di balik kata-kata Tong-lo itu, namun tetap sukar dimengerti. Seketika para petualang yang merasa tak sabar itu mencaci maki lagi.

“Keparat! Persetan dengan bukan dia apa segala! Selain itu tua bangka itu omong apa lagi?” bentak Toa-koai dengan gusar.

“Tuan yang terhormat, bila engkau menyebut Tong-lolo, hendaknya mengindahkan sedikit pada beliau dan janganlah sembarangan mengeluarkan kata-kata kotor,” ujar Hi-tiok.

Padahal biasanya Toa-koai membunuh orang juga tidak pernah berkedip apalagi cuma memaki orang. Sekarang Hitiok berani mencela dia, keruan ia menjadi murka, sekali tangan terangkat, segara ia hantam kepala Hi-tiok sambil memaki, “Maling busuk, aku justru ingin memaki tua bangka nenek bangsat itu, habis kau mau apa?’

Tapi baru saja tangannya hampir mengenai sasarannya, sekonyong-konyong sinar dingin berkelebat, sebatang pedang secepat kilat terjulur tiba dan melintang di atas kepala Hi-tiok dengan mata pedang menghadap ke atas, dalam keadaan demikian bila tabokan Toa-koai itu diteruskan, maka sebelum mengenai kepala Hi-tiok tentu tangannya akan terkutung dahulu oleh pedang yang sudah terpasang di situ.

Keruau Toa-koai sangat terkejut dan cepat menarik kembali tangannya, Saking gugupnya sehingga pegangannya kepada Hi-tiok juga terpaksa dilepaskan. Waktu ia periksa tangannya, ternyata terdapat tanda garis luka dan mengeluarkan darah Keruan ia terkesiap dan gusar pula untung ia cukup sigap kalau tidak tentu tangannya sudah kutung. Dengan melotot ia pandang orang yang bersenjata pedang Itu ternyata orang Itu berpakaian hijau, usianya 50-an berjenggot panjang, mukanya cakap.

Toa-koai kenal orang ini bukan termasuk salah seorang Tongcu atau Tocu, tapi orang yang disebut “Kiam-sin” oleh Put-peng Tojin itu. Dari kecepatan dan jitunya orang itu mainkan pedangnya, nyata kepandaiannya sudah mencapai tingkatan yang susah diukur. Maka biarpun watak Toa koai biasanya sangat berangasan juga tidak berani sembarangan ainn kayu dengan tokoh sakti ini, segera ia menegur, “Tanpa sebab tuan melukaiku, apa maksudmu sebenarnya?”

Orang tua itu tersenyum dan menjawab, “Kita ingin memperoleh pengakuan orang ini untuk mencari tahu cara bagaimana memunahkan Sing-si-hu, tapi saudara mendadak mengamuk dan hendak membunuh dia. Jika sebentar para hadirin tersiksa oleh Sing-si-hu. cara bagaimana akan kau cari tanggung jawab?”

Toa-koai tak bisa menjawab, dengan gelagapan ia berkata, “Ini … ini …. “

Tadi taktik orang tua itu memaksa Toa-koai lepas tangan, berbareng seperti sengaja dan seperti tidak sengaja ia tumbuk bahu Ji-koai pula sehingga Ji-koai terhuyung-huyung mundur beberapa tindak dan hampir roboh, untung dia masih dapat terdiri dengan tegak, dalam kejutnya ia tidak turut memaki orang tua itu.

Maka orang tua itu berkata kepada Hi-tiok, “Saudara cilik, sebelum Tong-lo mati, selain mengucapkan ‘bukan dia’ beberapa kali sambil bergelak tertawa, lalu apalagi yang dikatakan?”

Mendadak wajah Hi-tiok menjadi merah dan sikapnya kikuk serta pelahan menunduk. Kiranya dia menjadi teringat kepada ucapan Tong-lo waktu itu, “Coba bawa lukisan itu kemari, biar aku menghancurkannya. Nanti aku akan memberi petunjuk ajar kamu bisa menemukan dewi impianmu itu,”

Tapi sesudah melihat lukisan itu, Tong-lo lantas berteriak dan tertawa, kemudian menghembuskan napas penghabisan dan tidak tempat memenuhi janjinya. Maka Hi-tiok yakin dengan matinya Tong-lo, di dunia ini rasanya tiada seorang pun yang tahu siapa dewi impiannya itu dan untuk seterusnya tentu tak dapat bertemu lagi dengan dia. Berpikir demikian, tanpa terasa Hi-tiok menjadi lesu dan muram durja.

Melihat sikap Hi-tiok yang aneh itu, si orang tua mengira pemuda Itu menyimpan sesuatu rahasia penting. Maka dengan ramah ia berkata pula, “Saudara cilik, apa yang telah dikatakan Tong-lo kepadamu? Cobalah katakan dengan jujur, aku orang she Tok pasti takkan membikin susah padamu, bahkan akan membalas kebaikanmu.”

Namun muka Hi-tiok semakin merah jengah, ia gelenggeleng kepala dan berkata, “Hal ini tak dapat dikatakan” ,

“Mengapa tidak?.” desak si orang tua she Tok.

“Kalau dibicarakan . .. Ai, pendek kata, hal ini tak dapat kukatakan, biarpun kau bunuh aku juga tak dapat kukatakan,” sahut Hi-tiok.

“Betul-betul tak rnau bicara? desak pula si orang tua.

“Ya, tidak,” sahut, Hi-tiok tegas, Orang tua itu pandang lekat-lekat sejenak kepada Hi-tiok, melihat sikaap pemuda itu demikian teguhnya, “sret”, sekonyong konyong ia ayun pedangnya sinar pedang berkelebat, menyusul terdengar suara “crattt..crat” beberapa kali tahu-tahu sebuah meja besar di samping terbelah menjadi sembilan potong dengan ukuran yang sama besarnya. Betapa cepat dan jitunya sungguh susah dibayangkan.

Melihat itu, sketika terdengar sorak gemuruh yang memuji kemahiran ilmu pedang orang tua itu. Banyak juga di antara para Tongcu dan Tocu itu yang mahir ilmu pedang, tapi biar bagaimana mereka, merasa bukan apa-apa lagi kalau dibandingkan kepada si orang tua she Tok.

Di sebelah lain terdengar Ong Giok-yan sedang berkata dengan perlahan “Ciu-kong-kiam ini adalah kepandaian khas ‘

It-ji-hui-kiam-bun” dari Kiangyang di Hokkian. Tuan tua ini she Tok, berjuluk Kiam-sin pula maka besar kemungkinan dia adalah Tok Put-hoan Locianpwe, Ciangbunjin It-Ji-hui-kiambun”

Meski ucapannya itu sangat lirik, tapi sesudah bersorak tadi, serentak pandangan semua orang terpusat pula kepada si orang tua sehingga suasana menjadi sunyi kembali, maka ucapan Giok-yan itu dengan jelas dapat didengar oleh mereka.

Segera terdengar si orang tua bergelak tawa dan berkata, “Tajam benar pandangan nona ini, sekali lihat saja dapat menyebut golongan dua ilmu pedangku, bahkan, dapat menerka namaku, sungguh sangat pintar,”

Sebaliknya semua orang merasa tidak kenal nama “Ii-jihui-kiam bun.”, ‘Ilmu pedang selihai itu seharusnya dikenal didunia kangouw, mengapa selama ini tidak pernah terdengar namanya.

Dalam pada itu si orang tua yang memang bernama Tok- Put-hoan itu berkata pula sambil menghela napas, “Ciangbunjin seperti diriku hanya Ciangbun kosong belaka, sebab orang-orang It-ji-hui-kiam-bun tiga keturunan sebanyak 62 jiwa sudah dibunuh habis-habisan oleh Thian-san Tong-lo

pada 33 tahun yang lalu.”.

Semua orang terkesiap mendengar pengakuan itu, pikir mereka, “Kiranya kedatangannya Itu Lang-ciu-kiong ini adalah-untuk membalas sakit hati perguruannya.”

Kemudian tampak Tok Put-hoan angkat pedangnya dan berkata kepada Hi-tiok„ “Saudara cilik, apa kau suka bila aku mengajarkan beberapa jurus ilmu pedangku ini padamu?”

Sungguh kagum dan kaget sekali para, petualang lain demi mendengar tawaran Toh Put-hoan itu. Mereka tahu ilmu pedang “Khiam-sin”, si dewa pedang, sudah mencapai tingkatan yang susah diukur, sekarang dengan suka hati mau mangajarkan kepandaiannya kepada Hi-tiok tanpa diminta sungguh hal ini jarang terjadi. Mereka menduga maksud tujuan Tok Put-hoan tentu ingin mengetaui apa pesan sebelum meninggal Tong-lo kepada Hi-tiok tentang rahasia Sing-si-hu.

Belum lagi Hi-tiok menjawab, sekonyong-konyong seorang dengan nada- mengejek menimbrung “Tok-sianslng, apa kau sendiri juga terkena Sing-si-hu?”

Tok Put-hoan melihat pembicara itu adalah seorang Tojin setengah umur, segera ia balas tanya, ‘Kenapa Totiang bertanya demikian padaku?”

“Habis, kalau Tok-siansing tidak terkena Sing-si-hu, buat apa dengan segala daya upaya hendak mencari tahu cara memunahkan racun. Sing-si-hu?” sahut Tojiu itu. “Dan bila maksud tujuari Tok-siansing hendak rnenggunakannya untuk menekan kami. maka kami para Tocu dan Tongcu betapapun tidak rela setelah lolos dari mulut harimau mesti jatuh lagi ke mulut serigala. Biarpun ilmu pedang Tok-siansing maha hebat juga kami terpaksa akan menghadapi dengan segala akibatnya.”

Ucapan Tojin itu cekak-aos, tapi dengan jitu telah membongkar maksud jahat Tok Put-hoan. Keruan serentak para petualang lain juga membuka. suara, “Benar, apa yang dikatakan Cut-tim Totiang dari Sing-pit-to memang cocok dengan pikiranku!”

“Hei. bocah itu, kalau Tong-lo benar-benar meninggalkan pesan padamu, hendaknya lekas kau umumkan. Secara terbuka saja, kalau tidak, sekaligus kami mengkrubut maju, dalam sekejap badanmu pasti akan dicencang hancur luluh”

Namun Tok Put-hoan lantas putar pedangnya ke atas sehingga mengeluarkau suara mendenging katanya, “Jangan takut, saudara cilik! Berada di sampingku boleh coba lihat siapa yang berani menganggu seujung rambutmu. Tentang pesan Tong-lolo cukup kau beritahukan padaku saja, bila didengar orang ketiga, terpaksa ilmu pedangku tak dapat kuajarkan padamu,”

“Tidak,” sahut Hi-tiok dengan mengeleng kepala. “Pesan Tong-lolo itu hanya menyangkut diriku sendiri, biarpun kalian mengetahui juga tiada gunanya. Jadi biar, bagaimanapun tidak mungkin kukatakan. Tentang ilmu pedangmu meski teramat bagus juga aku tidak mau belajar.”

Mendengar jawaban tegas itu merentak para petualang bersorak memuji, “Bagus bagus Anak gagah, cukup berani.

Memangnya apa gunanya belajar ilmu pedangnya? Dari katakata si nona tadi sudah kentara kepandaiannya tiada sesuatu yang luar biasa.”

“Ya, jika nona itu dapat mengenali asal-usul ilmu pedangnya, dengan sendirinya juga mempunyai kepandaian untuk memecahkan ilmu pedangnya,” kata seorang lagi.

“Maka, saudara cilik, jika engkau ingin mengangkat guru seharusnya kau belajar saja pada nona cilik itu,”

Memangnya Tok Put-hoan lagi mendongkol karena Giokyan dapat membongkar asal-usul perguruannya, sekarang mendengar macam-macam sindiran dan olok-olok itu, tentu saja ia tambah gemas. Ia coba melirik Giok-yan, dilihatnya dengan mesra nona itu sedang memandang Buyung Hok dengan termangu-mangu tanpa menghiraukan ucapan orang lain.

Sepantasnya jika ada orang mengatakan dia dapat mematahkan ilmu pedangnya Tok Put-hoan maka seharusnya dia lekas menyangkal kalau tidak itu berarti diam-diam ia mengakui akan kebenaran hal itu. Padahal saat itu yang sedang dipikirkan Giok-yan adalah ”Kenapa Piauko tampak kurang gembira, apakah dia marah padaku? Kesalahan apakah yang kulakukan ? Ah, jangan-jangan karen. . . karena

‘Siansuhu itu telah melukis gambarku dan disimpan dalam bajunya, maka piauko menjadi marah?”

Sebaliknya demi melihat Giok-yan diam-diam saja, tidak menyangkal juga tidak mengiakan, keruan Tok Put-hoan menjadi murka. Sekilas dilihatnya lukisan yang tertaruh di atas meja sebelahnya tiba-tiba timbul pikirannya, “Bocah ini telah melukis gambar nona itu dan disimpan dengan baik-baik, dengan sendirinya karena dia sangat mencintai nona itu,” Agar dia mau mengaku tentang pesan Tong-lo rasanya aku harus memperalat nona yang disukainya itu. Ya, ya, harus demikian!”

Maka segera ia berkata pula, “Saudara cilik aku mengetahui isi hatimu seluruhnya! hehe, yang laki-laki gagah, yang perempuan cantik, memang suatu pasangan yang sangat setimpal, tapi tanpa orang perantara, rasanya cita-citamu juga sukar terkabul. Baik begini saja, segalanya serahkan saja padaku, nona ini akan kujodohkan padamu sebagai istri, sekarang juga upacara dapat dilangsungkan dan malam ini juga kalian boleh menggunakan Leng-ciu-kiong ini sebagai kamar penganten baru. Bagaimana, mau?”

Sambil bertanya, jarinja pun menunjuk ke arah Giok-yan.

Keruan muka Hi-tiok berubah merah, cepat sahutnya,

“Tidak, tidak! Siansing jangan salah paham” .

“Ah, buat apa pura-pura?” ujar Tok Put-hoan. “Manusia kalau sudah dewasa harus menikah, setiap orang suka memperistrikan nona manis, siapa di dunia ini yang tidak suka wanita cantik-cantik. Kenapa mesti malu?”

Apa yang menjadi idam-idaman hati Hi-tiok adalah “dewi impian” yang tak bisa dilupakan itu, sekarang mendadaK.

rnendengar ucapan Tok Put-hoan itu, seketika ia menjadi rikuh dan berkata dengan gugup, “Aku . . . aku,. . , . “

“Sudahlah, tidak perlu ‘aku.. aku’ segala, ha-ha beres, dah”

demikian kata Tok Put-hoan dan pedangnya segera bergerak ke kanan dan ke kiri, dalam jurus “Thian-ju-kiong-lo” (langit seluas daun kelor) serta “Pek-lo-bong-hong” (kabut kobat ke mana pergi), dua jurus ilmu pedang mengepung kanan-kiri Ong Giok yan, dengan begini ia menduga si nona pasti akan terkejut dan melangkah maju untuk menghindari dengan demikian secara mudah ia dapat menyeret Giok-yan ke depannya.

Kiranya sejak tua-muda dan laki perempuan seluruh, anggota It-ji hui-kiam-bun dibunuh bersih olehTong-lo, hanya tertinggal Tok Put hoan yang berhasil melarikan diri ke Tiangpek-san di timur laut yang dingin itu. Dengan giat ia melatih ilmu pedangnya dan secara kebetulan, ia dapat menentukan sejilid kitab ilmu pedang tinggalan orang kosen “Bu-liangkiam,”

dengan tekun ia melatih selama 30 tahun, akhirnya ilmu pedang sakti itu dapat diyakinkan dengan baik, ia percaya jarang ada tandingannya lagi didunia ini, maka ia lantas berangkat ke selatan untuk menuntut balas. Di tengah jalan, sekaligus ia telah membunuh beberapa tokoh persilatan terkenal sehingga namanya termasyur.

Karena itu ia . .menjadi tambah congkak dan. merasa “dunia ini aku punya” dan segala apa yang dia katakan cepat akan diturut arang lain. Sekarang ia bermaksud menawan Giok-yan dulu, dengan demikian ia dapat menggunakan nona itu

sebagai sandera untuk rnenukar rahasia Sing-si-hu kepada Hitiok.

Giok-yan sendiri msski pengetahuannya sangat luas, tapi ilmu silatnya sebenarnya biasa saja. Demi melihat Tok Puthoan menyerang, segera ia tahu jurus serangan apa itu dan bagainiara cara memunahkannya. Tapi biar pikirannya bekerja untuk mempratekkan justru tidak bisa. Dalam pada itu sinar pedang sudah mengurung tiba ia menjadi gugup dan menjerit.

Buyung Hok yarig berdiri di sebelah Giok-yan dapat melihat serangan Tok-Pu-hoan itu tidak bermaksud mencelakai Giokyan, pikirnya, “Biarlah aku diam saja, ingin kulihat orang she Tok ini hendak main gila apa-apa. Dan apakah Siauhwesio ini akan membeberkan rahasianya demi Piaumoai?”

Sebaliknya Toan Ki menjadi kuatir demi melihat Giok-yan diserang Tok Put-hoan, tanpa pikir lagi segera ia keluarkan langkah ajaib “Leng-po-wi-poh” dan menerjang maju, langsung ia mengadang di depan Giok-yan. Ternyata gerakan pedang Tok Put-hoan masih kalah cepat daripada langkah Toan Ki yang hebat itu.

Namun demikian, entah sengaja atau kuatir tidak keburu menarik kembali senjatanya, “crit” di mana sinar pedang menyambar tahu-tahu dada, Toan ki tergores mulai dari leher sampai ke perut sepanjang belasan senti, seketika bajunya bedah dan kulitnya terluka. Rupanya Tok Put-hoan juga tiada maksud hendak membunuh orang, maka goresan itu, hanya satu-dua mili dalamnya, meski panjang lukanya, tapi tidak parah.

Namun Toan Ki sudah ketakutan hingga terkesima. Waktu menunduk dan rnelihat dada sendiri tetruka sedemikian panjangnya dan darah merembes keluar, la sangka perutnya sudah terbedah dan segera akan binasa, maka ia terus berteriak, “Nona Ong, le … leskas engkau menyingkir pergi, biar aku merintangi dia lagi!”

“Huh, kau sendiri setiap saat bisa mampus, tapi justru ingin membela orang lain,” jengek Tok Put-hoan. Lalu ia menoleh kepada Hi-tiok dan berkata, “Saudara cilik, rupanya banyak juga yang penujui nona ini, biarlah kulenyapkan dulu seorang saingan asmara bagimu!”

Sembari berkata ujung pedang terus menuding di depan dada Toan Ki asal dia mendorong perlahan, seketika ulu hati pangeran Tayli itu bisa tertembus.

“Karuan Hi-tiok kaget, serunya, “Jangan! Sekali-kali jangan!”

Dan karena kuatir Tok Put-hoan benar-benar membunuh Toan Ki, cepat ia gunakan jari kiri untuk menjelentik pelahan “Thai-yan-hiat” tangan Tok Put-haon.

Seketika Tok Put-hoan merasa lengannya linu tak bertenaga sehingga cekalannya menjadi kendur, kesempatan itu segera digunakan Hi-tiok untuk merampas pedangnva.

Tampaknya enak saja Hi-tiok merampas pedang lawan, tapi sebenarnya dia telah menggunakan “Siau-bu-siang-kang” yang maha hebat dari Thian-san-ciat-bwe-jiu ajaran Tong-lo, biarpun kepandaian Tok Put-hoan lebih tinggi tiga kali lipat juga tak mampu melawan.

Lalu Hi-tiok berkata, “Tok-siansing, Toan-kongcu ini adalah orang baik, tidak boleh kau ganggu dia.”

Habis berkata, ia kembalikan pedang itu kepada Tok Puthoan dan kemudian memeriksa luka Toan Ki.

Toan Ki sendiri berkata pula dengan putus asa, “O, nona Ong. aku .. aku akan mati, semoga engkau hidup bahagia dengan Buyung-heng sampai hari tua. O, ayah, O, ibu, aku … aku”

Padahal ia hanya terluka-lecet saja, cuma ia sangka dada dan perutnya sendiri sudah dibedah orang dan pasti akan mati, dalam keadaan lemah segera ia roboh ke belakang.

Ong Giok-yan memburu maju untuk memayangnya, katanya dengan menangis, “O, Toan-kongcu, engkau . . , engkau telah berkorban bagiku”

Kepandaian Hi-tiok dalam hal menyembuhkan luka segala adalah ajaran Liong-ah Lojin So Sing-ho, meski tidak cekatan seperti Sih-sin-ih, tapi iapun paham di mana letak tempat yang penting dari setiap luka yang bersangkutan, maka dengan cepat ia tutuk beberapa hiat-to di atas luka Toan Ki, kemudian barulah ia periksa jalur luka yang panjang itu, ia merasa lega dan berkata dengan tertawa, “Toan-kongcu, lukamu ini sangat ringan, dua tiga hari saja pasti sembuh,”

Badan Toan Ki dipegang oleh Giok-yan, gadis itu kelihatan menangis pula baginya, kerena sukma Toan Ki seakan-akan terbang ke awang-awang, girangnya seperti orang ketomplok

rejeki, katanya, “No. …. nona Ong, apa . . , apa engkau menangis bagiku?”

Giok-yan mengangguk dam air matanya kembali bercucuran pula.

“O, aku Toan ki bisa hidup seperti sekarang ini, biarpun dia membacok seratus kali lagi padaku pun aku rela mati seratus kali bagimu,” ujar Toan Ki.

Begitulah mereka bicara sendiri sehingga apa yang dikatakan Hi-tiok tadi sama sekali tidak diperhatikan.

Sebabnya Giok-yan menangis adalah karena terharu dan berterima kasih. Sebaliknya, demi melihat nona yang dicintainya itu menangis baginya, dengan sendirinya Toan Ki tidak pedulikan lagi akan mati atau hidupnya sendiri.

Kejadian Hi-tiok merampas dan mengembalikan pedang hanya dilakukan dalam sekejap saja, selain Buyung Hok dapat mengikuti dengan jelas dan Tok Put-hoan sendiri pun paham, bagi orang lain tetap menyangka Tok Put-hoan yang tidak tega dan sengaja mengampuni jiwa Toan Ki,

Padahal rasa gusar Tok Put-hoan sangat sukar dilukiskan.

Terpikir olehnya, “Ilmu pedangku ini adalah hasil penemuanku secara kebetulan dari kitab pusaka yang kuperoleh dan telah kulatih selama 30 tahun, mengapa di dunia ini masih ada yang mampu menandingiku? Ah, bisa jadi secara kebetulan saja Thian-yaa-hiat di tanganku terbentur olehnya, ya, segala sesuatu di dunia isi memang sering terjadi secara kebetulan.<–>

10 Responses to “Pendekar Negeri Tayli 75”

  1. togel singapur Says:

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH BISA SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH BISA SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH BISA SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH BISA SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH BISA SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH BISA SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

  2. Anonymous Says:

    Angka Ghoib yang di kirim KI RADENG TUJUH benar-benar tembus 100%…tanggal :9/02/2014 saya dapat kiriman angka 2D : 36 …dan saya pasang 120 Lembar …ternyata tembus…terima kasih atas bantuangnya KI RADENG TUJUH Terima Kasih.
    KI RADENG TUJUH tidak perna mengobral janji manis…fakta & kenyataanlah yang Berbicara.

    Jika anda tertarik untuk mendaptkan angka hasil ritual KI RADENG TUJUH Silahkan Hub/SMS : 082393992422

  3. ibu endang Says:

    sedikit riwayat saya sekian lama tlah berbisnis dan akhir akhir hampir bangkrut dan mungkin sudah bangkruk seandainya saya tidak menemukan dukun sakti yang benar benar membantu saya meningkatkan bisnis kembali dan alhamdulillah berkat bantuan beliaulah aku dapat sukses kembali dan tidak jadi bangkruk makasi mbah mujaraf sedikit info apabila anda ingin mendapatkan solusi hidup BELIAu punya ke ahlian Melihat apa yang akan terjadi di kemudian hari
    termasuk angka togel yang akan keluar setiap harinya
    inilah penemuan terhebat bagi anda para pecinta togel
    dan temukan angka angka yang akan tembus silahkan anda bisa hubungi lansung mbah mujaraf di 085330630905

  4. joko Says:

    Selamat Datang di Website OM AGUS
    Izinkan kami membantu anda
    semua dengan Angka ritual Kami..
    Kami dengan bantuan Supranatural
    Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
    Mengagumkan…Bisa Menerawang
    Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
    Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
    Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
    dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
    Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
    Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
    dengan sangat Membutuhkan
    Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
    OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
    dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
    Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

    Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
    berada Di blog yang sangat Tepat..
    Kami akan membantu anda semua dengan
    Angka Ritual Kami..Anda
    Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
    Saja…

  5. wonan aries Says:

    Ass Alaikum Wrb,Ini Kisah Nyata Dari saya dan Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak yang suka main angka togel saya cuma mau memberikan pendapat kalau ibu/bapak suka bermain judi togel atau angka-2D/3D/4D atau sgp/hk/sygney/magnum 4D Untuk hasil ritual yang di jamin 100% tembus
    silahkan Hubungi,
    (AKY PANDAWA ARYA) di nomor:( 085 216 977 745)
    insya allah dengan bantuan (AKY PANDAWA ARYA) bisa anda liat hasilnya seperti dia membantu saya kemarin dia memberikan angka selama…3 kali putaran tembus dan saya liat hasilnya jadi saya tidak meragukan bantuan (AKY PANDAWA ARYA),dan tidak seperti AKY AKY yang lain cuma bohon dan tidak ada buktim,jadi silahkan anda hubungi (AKY PANDAWA ARYA),sebelum anda kalah terus atau banyak utang semoga nasip anda jau lebih baik dari sekarang wassalam.

  6. SATRIO WIJOYO Says:

    Alhamdulillah kini impian kami sekeluarga terwujudkan juga yaitu ingin punya uang buat bayar hutang dan buat bangun rumah sebab,slama ini kami hanya tinggal di kontrakan dan hutang yg menumpuk di Rentenir sebanyak 88juta belum bunganya,,,
    Namun hari ini bisa terwujudkan juga impian selama bertahun-tahun dan tak lupa saya ucapkan Trimahkasi banyak kepada mbah karimah atas bantuan yg di berikan kemaring yaitu Bantuan Danah Gaib dan Angka togel,,,melalui bantuan tersebut kami bisah membayar segala hutang yg ada pada keluarga kami serta bisa membangun rumah buat kelurga…
    Dan buat Temanku yg Ada di Group ini jika Kalian punya masalah yg berhubungan dgn masalah Ekonomi yg mungkin ngak bisa Anda selesaikan,,,Kami saran Anda untuk minta bantuan Sama mbah karimah itupun kalau Anda Punya kepercayaan ataupun Keyakinan sama Beliau Dan caranya cukup mudah jika ingin minta bantuan sama mbah karimah yaitu TLFN DI NOMOR 085291992712
    Inilah kisah nyata kami Sekeluarga Percaya atau tidak semua tergantung sama Anda kami hanya sekedar Memberikan solusi agar masalah Anda bisa teratasi

  7. bapak nur Says:

    MERUBAH NASIB DI DUNIA PESUGIHAN
    Brawal ush sana-sini cri pesugihan, namun hsl nol , htg bnyak & ke2cewaan bertubi2, trakhir sy akses ke daerah jateng , lebih parah lagi, biaya ritual sdh sy serahkan tapi sy malah duduk diam dan menunggu dirumah kosong ( tdk bernuasa mistis ) siang sy dtmpt tsb, tdk ada yg sy lakukan, hny tgg dan menunggu terus, smp pd akhirnya ada org yg ckp lumayan tua dtg dan menyapa, dan bilang pd sy besok pg sy harus segera kembali ( plg kerumah ) krn ghoib/ jin nya berpesan seperti itu, rasa curiga sy tepiskan dan sy sdkt bertanya kpd bpk tsb, sy tdk melakukan apa2 ( ritual ) tapi knp sy besok disuruh plg? Tapi ya sudahlah sy ikuti semua aturan mainnya, kata bapak tsb yg mengaku juru kunci, ghoibnya sdh menunggu dirumah dan menanti kehadiran sy, pesan si bapak sy smp dirumah wjb siapkan tmpat khusus, krn ghoib tsb ingin bertemu dan melakukan hub sex, krn yg sy tuju nikah jin, alhasil sdh 1 bln tdk kunjung smp ghoib/jin dpt temuin sy, akhirnya sy coba redakan untuk berkutet keinginan dunia pesugihan dlm kurun wktu 1 bln, sy cb cri info mgkin sj, ada ptjuk yg sy dptkan, sy buka youtube dan sy temukan pesugihan 1jam cair, , sy hub no 082 369 439 555 atas nama KY ARIF kmdian sy coba plajari, dan krm pesan sesuai yg diperintahkan KY ARIF! 2 jam sy dpt respon, ada percakapan dan diskusi , pd akhirnya dng uang yg tersisa sy pilih pesuigihan qorin ( tuyul putih ) , dng hitung2 pengeluaran & akomodasi bila ke lokasi ckp byak yg sy keluarkan, krn sy tinggal di KALIMANTANi, akhirnya sy memutuskan untuk barang pesanan sy dikirm lewat pos, 2 hari sy menunggu dan dpt kabar, sy lengkapi semua admin yg tercantum seperti data alamat dan jati diri, krn barang siap dikirim saat hal tsb terlengkapi, kmdian brg tiba dirumah sy, sblm sy buka sy izin dng yg memberikan pengarahan pesugihan yg sy pilih, siang brg tsb smp, sore sy buka dan ikuti petunjuk yg tertera, sy siapkan : bunga segar dan dupa buat pembakaran , mlm sy mulai focus, ada mantra yg mudah sy hafalkan untuk ritualisasi tuyul putih tsb, ckp 1 jam sy hafal, 3 hari berturut2 sy blm jg mlht wjd asli / padat ghoib tuyul yg sy mau miliki, sy konsul ternyata ada berbenturan energy dari melalangbuana sy selama ini dengan hal2 yg berbau ghoib, sy diperintahkan untuk usaha menyediankan kembang kantil merah 1 buah sj, krn brg tsb alat untuk dpt sy bertemu dng tuyul itu, sy pesan kembali barang yg sy inginkan, dlm wkt 1 minggu sy terima kembang tsb lwt paket yg dikirim, kondisi msih segar, mlmnya sy lakukan ritualisasi kembali, sm spt apa yg pernah sy lakukan sblmnya, hny butuh 1 jam sy du2k bersila dan focus, bentuk padat dari tuyul qorin sy dpt lht dng jlz, sy berinteraksi dng full, sepasang sosok yg sngt lucu dan sdkt menyeramkan, sy puas dan senang , krn dari org yg membantu sy , tuyul bru dpt difungsikan saat diri melihat ghoib scr nyata ( bukan lwt mimpi / bayangan ) besoknya tepat jam 7 pg sy bw kepasar ramai penjunjung dan penjual, 1 hari sy minta tuyul tsb berikan sy uang 5 jt s/d 10 jt, hal ini terus dan terus berjalan dng baik, smp pd akhirnya stlah pengeluaran usha cri info pesugihan yg slama ini sy bnyak htg sdh tertutupi sy melakukan ritual nikah jin, krn sy ingin mendapatkan uang yg jmlahya cpt dan nilainya ratusan juta, sy dtg kelokasi yg dituju, sy melakukan drip roses ritualnya sesuai dengan yg tertuang KY ARIF semuanya sy jumpai dan jalankan dng baik, smp pd akhirnya sy bertemu dng yg namanya jin yg cantinya luar biasa, dan terikat kontrak 10 thn dari usia sy 35 thn, sy berjumpa 1 kali dalam seminggu ditiap malam jum’at, skrg ini khdpan sy luar biasa, tetap memiliki tuyul qorin ( golongan putih ) dan istri jin yg sy namakan : BALQIS ( sperti nm istri nabi sulaiman ) , tks kpd org yg rs hormat yg luar biasa dan tak terhingga sy haturkan, mgkin dng sedikit tulisan singkat ini, bisa bermanfaat untuk org yg senasib dng saya .igin merubah nasib seperti saya silahkan hub KY ARIF DI NO 082 369 439 555

  8. ibu linda Says:

    Buat Anda Yang Ingin Menang Togel.Dengan Angka Ghoib HasiL.RituaL’Jitu-2D-3D-4D-5D-6D-Di Jamin 100% Tembus.atau pengambilan jalan pesugihan berupa tuyul,uang gaib,nikah jin dll.Silahkan Anda Hubungi AKII DEWA.Di Nomor(085293577799) saya sudah membuktikanya shobat…!

  9. pak ibrahim Says:

    Sujud syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT dan saya sekeluarga sangat berterima kasih kepada KI_KARSO atas bantuannya saya bisa menang togel dan nomor ghoib yang diberikan 4d [2802] alhamdulillah BENAR2 berhasil sya menang 170 juta’ karna sekarang ini kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya dan semua utang2 saya sudah pada lunas semua,,!!! jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi KI_KARSO (_0823_2791_7077_)

  10. pak ibrahim Says:

    Sujud syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT dan saya sekeluarga sangat berterima kasih kepada KI_KARSO atas bantuannya saya bisa menang togel dan nomor ghoib yang diberikan 4d [2802] alhamdulillah BENAR2 berhasil sya menang 170 juta’ karna sekarang ini kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya dan semua utang2 saya sudah pada lunas semua,,!!! jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi KI_KARSO (_0823_2791_7077_)l

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: