Nagasasra dan Sabukinten

Nagasasra dan Sabukinten

Nagasasra dan Sabukinten

Sebuah cerita kepahlawanan dari Demak Bintoro Special for Netter anak-anak kota WALI Demak

Overview :

Adalah Mahesa jenar yang bergelar Rangga Tohjaya murid dari ki Ageng Pengging Sepuh ( Pangeran Handayaningrat ) anak dari Brawijaya lima dari majapahit merupakan seorang perwira dari divisi Nara manggala ( Paspampres ) Kerajaan Demak. Dia memiliki saudara seperguruan yang sekaligus anak dari gurunya bernama Kebo kenanga ayah dari mas karebet ( jaka tingkir yang kemudian menjadi raja Pajang dengan gelar Sultan Hadiwijaya yang merupakan menantu dari Sultan Trenggana dari Demak ).

Karena adanya perbedaan keyakinan ia keluar kemudian berkelana untuk mencari Pusaka yang hilang dari keraton Demak bernama Kyai Nogo Sosro dan Sabuk Inten. Didalam pengembaraan itu dia bertemu para tokoh sakti yang menjadi jawara pada waktu itu baik dari golongan hitam seperti Lowo ijo berserta gurunya pasingsingan dari alas mentaok, nagapasa dan jaka soka bajak laut dari nusa kambangan,Simarodra penguasa gunung tidar maupaun dari golongan putih seperti Titis Anganten dari banyuwangi , Kia Ageng Sora Dipayana dari banyubiru kab.Semarang Jawa Tengah ,Kiageng pandan Alas dari gunung kidul,Dan yang paling menggetarkan adalah tokoh tua dari bukit karang tumaritis yang bergelar Panembahan Ismoyo atau pangeran Buntara adik dari brawijaya.

mahesa jenar adalah tokoh yang cinta perdamaian walaupun dengan kesaktiannya dia mampu menumpas tokoh yang paling sakti sekalipun seperti Simarodra. Dikisahkan bagaimana muridnya Arya Salaka dari banyubiru ingin merebut kembali daerahnya yang dikuasai oleh Sawung sariti,dia sudah bertekad melakukannya dengan peperangan karena tidak ada jalan lain melawan orang -2 licik seperti sawung sariti yang sebenarnya kemenakannya.tetapi mahesa jenar melihat bahwa didalam lingkunan sawung sariti ada kakek arya salaka sendiri yang tidak lain Ki Ageng Sora Dipayana. dan pada keadaan itu tidak diketahui dia akan berpihak kepada siapa dan apabila dia berpihak kepada sawung sariti maka kemungkinan terburuk akan terjadi yaitu kematian kiageng Sora dipayana. Atas pertimbangan itu maka mahesa jenar membujuk arya salaka untuk menemuhi kakenya agar dapat merundingkan persoalan itu.

Sebagai seorang ksatria dia juga seoarang pemuda pada umunya dimana mengalamai jatuh cinta pada seorang gadis dan gadis itu bernama rara wilis anak dari simarodra seorang tokoh hitam kenamaan.namun ia memilih jalur hidup kakeknya yang membela kebenaran yang tidak lain ki Ageng pandan Alas dari wanasaba.

Diakhir cerita kedua pusaka ditemukan di bukit karang tumaritis dan disimpan oleh panembahan ismoyo kemudian oleh panembahan diserahkan kepada mahesa jenar untuk diserahkan ke istana Demak.

Selengkapnya dapat saudara/i unduh di sini

Jilid 1 (episode 1 s/d 10)
Jilid 2 (episode 11 s/d 20)
Jilid 3 (episode 21 s/d 30)
Jilid 4 (episode 31 s/d 40)
Jilid 5  (episode 41 s/d 50)
Jilid 6 (episode 51 s/d 60)
Jilid 7 (episode 61 s/d 70)
Jilid 8 (episode 71 s/d 80)
Jilid 9 (episode 81 s/d 90)
Jilid 10 (episode 91 s/d 100)
Jilid 11 (episode 101 s/d 110)
Jilid 12 (episode 111 s/d 120)
Jilid 13  (episode 121 s/d 130)
Jilid 14 (episode 131 s/d 140)
Jilid 15 (episode 141 s/d 150)
Jilid 16 (episode 151 s/d 160)
Jilid 17  (episode 1611 s/d 171)

5 Responses to “Nagasasra dan Sabukinten”

  1. mashuri Says:

    Sanghat berterima kasih kepada saudara yang telah memberikan kesempatan kepada yang lain untuk mendapatkan buku yang sudah cukup tua ini.

  2. agus.soeroso@webforge.co.id Says:

    Terima kasih atas sajian buku-2 cerita fiksi sejarah seperti pelangi di langit singosari, nogo sosro sabuk inten, api di bukit menoreh, dll.

    Untuk yang nogo sosro di atas yang dapat dibuka kok hanya jilid 17. Apa memang demikian? Terima kasih sekali jika yang lain2 juga boleh dibaca.
    Nuwun.

  3. Rahmanta Says:

    Mohon informasi bagaimana bisa mengakses jilid-jilid awal (1 – 16) kareana saya baru pertama kali menemukan laman ini. Tks

  4. chia Says:

    Bagaimana jika ingin membaca dr buku 1 – buku 2.. Dimnkah mengakses nya.. Tks info nya…

  5. Gunawan Armando Says:

    Kalau mau akses jilid 1 – 16 bagaimana caranya, makasih atas bantuanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: